Ratusan Guru Dan Lansia Ikut Vaksinasi Covid

Tenaga pendidik dan kependidikan termasuk salah satu sasaran prioritas tahap kedua vaksinasi COVID-19. Dengan memprioritaskan pemberian vaksin kepada PTK, diharapkan kegiatan belajar mengajar tatap muka bisa segera dilakukan. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 70 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai pukul 08.00 WIB yang dibagi menjadi 3 gelombang untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

JAKARTA, KalderaNews.com – Para guru, dosen, dan tenaga pendidik akan menjalani vaksinasi Covid-19 mulai Rabu, 24 Februari 2021. Untuk wilayah DKI Jakarta lokasi vaksinasi di SMA Negeri 70 Jakarta di kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Salah satu Slot Online Terpercaya alasan mengapa pemerintah memprioritaskan kelompok Pendidik dan Tenaga Pendidikan untuk divaksinasi terlebih dahulu, adalah terkait dengan harapan agar pada awal semester kedua 2021 atau Juli nanti proses belajar mengajar dapat berlangsung secara tatap muka.

Menurut Huda, dengan angka seperti itu, pemerintah seakan kejar tayang untuk melakukan PTM terbatas pada Juli nanti. Pasalnya masih banyak guru dan tenaga kependidikan yang perlu mendapatkan vaksinasi secara lengkap. Sejauh ini, pemerintah belum memberikan dan melaksanakan secara khusus vaksinasi COVID-19 bagi warga usia di atas 18 tahun. Sementara itu, baru-baru ini, DKI Jakarta resmi membuka vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas. Tahap ketiga vaksinasi COVID-19 ini, sebelumnya hanya diprioritaskan untuk pra lansia 50 tahun ke atas dan kelompok masyarakat rentan.

Sedangkan untuk jadwal vaksinasi dosis kedua, jelas Nadiem, akan tergantung juga dari jenis vaksin yang akan diambil nantinya. Sebab vaksin yang diberikan akan berbeda-beda sehingga akan beda pula rentang waktu pemberian vaksin dosis pertama dan kedua itu. Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono mengatakan, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu syarat guru untuk dapat mengajar saat PTM. Jika belum divaksin, mereka dilarang mengajar tatap muka karena berisiko penyebaran virus. “Jakarta di jalur on the monitor terkait pelaksanaan vaksin, kita selalu meningkatkan jumlah SDM, jumlah vaksin, ditambah terus dari pemerintah pusat,” kata Ariza di Balai Kota, Selasa, 6 April 2021. Selain itu, dia juga mengakui bahwa proses vaksinasi guru tidak bisa ‘lari’ karena keterbatasan pasokan.

Vaksin bagi guru di Jakarta

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengatakan semakin muda peserta didik atau jenjang sekolah maka semakin sulit melakukan pendidikan jarak jauh. “Sehingga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Satgas Covid harus kejar tayang menuntaskan vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan,” Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/6). Ketua P2G DKI Jakarta Fandi Fuji Hariansah juga mengeluhkan agak lambatnya vaksinasi guru dan tendik di Ibu Kota. Guru SMA ini, juga mengeluhkan minimnya informasi dan sosialisasi mengenai vaksinasi guru dan tendik dari Pemprov DKI Jakarta.

Posty