Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid

Dalam situasi pandemi ini, sektor pendidikan menghadapi masa sulit dengan berbagai problematika yang sulit untuk diabaikan. Hal ini tentu sangat membantu bagi para guru dan murid yang berada di wilayah 3T atau belum terjangkau jaringan internet. Kendala gawai juga bisa teratasi dengan memanfaatkan sumber belajar konvensional seperti buku, LKPD dan APE yang lebih mudah dan terjangkau untuk dimanfaatkan. Sehingga dari beberapa survei terakhir yang dilakukan Mendikbud sebagaian besar guru, murid, dan orangtua lebih menghendaki kembali diadakannya KBM tatap muka. Proses komunikasi jarak jauh dianggap belum sepenuhnya efektif karena rentan dengan kekeliruan dalam menerima dan mencerna informasi. Artinya informasi yang disampaikan guru belum tentu akan dicerna sama oleh peserta.

“Setiap kelas dibagi dua, jadi sebagian tatap muka dan sebagian daring, jadwalnya saling bergantian seminggu sekali, itu dilakukan supaya terhindar dari kerumunan,” kata Chairil. Apabila akan diterapkan, Riza memastikan dari SD hingga SMA akan dibuka secara terbatas dan dilakukan secara daring dan tatap muka. “Anda anak muda, yang kuliah di SUNY, Universitas Negeri New York, Universitas Kota New York, maka Anda harus divaksinasi agar bisa kembali kuliah pada bulan September. Kalau harus divaksinasi, lakukan vaksinasi itu sekarang karena itu wajib,” katanya. Ariza menuturkan, dalam pembahasan itu, Pemprov DKI melibatkan Dinas Pendidikan DKI serta para pegiat pendidikan lainnya. Mahasiswa wajib hadir mengikuti perkuliahan paling sedikit 75% dari tatap muka yang terselenggara.

Nadiem juga meminta pihak kampus untuk mempersiapkan diri dengan mannequin dan sistem pembelajaran yang baru dari sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan agar tidak menimbulkan klaster baru. Setelah kuliah selesai, mahasiswa diwajibkan untuk meninggalkan kampus agar tidak terjadi kerumunan di dalam kampus,” tegas Wikan. Lebih lanjut, Wikan mengatakan bahwa kantin dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang berpotensi menciptakan kerumunan akan di nonaktifkan. Selain itu, pihak perguruan tinggi harus berkoordinasi secara aktif dengan pemerintah daerah, satuan tugas Covid-19 daerah, orang tua, serta wajib membentuk satuan tugas khusus di dalam kampus agar semua berlangsung sesuai dengan peraturan dan SOP. Persyaratan kedua, jika pemerintah daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama memberi izin. Ketiga, jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka.

Dalam hal terjadi peningkatan standing peningkatan risiko Covid-19 di kabupaten/kota, pemimpin perguruan tinggi berkoordinasi dengan satuan tugas penanganan Covid-19 setempat untuk melanjutkan atau menghentikan kuliah tatap muka. Oleh sebab itu dalam implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka ini, perlu memperhatikan kondisi dan kemampuan mitigasi serta pengendalian kasus Covid-19 di setiap daerah. Bulan November 2020 mahasiswa lama dan mahasiswa baru diperbolehkan memasuki kampus untuk kuliah tatap muka. Syarat wajib yang harus dibawa adalah Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari puskesmas tempat asal mahasiswa. unsplash.comSemua orang berharap agar situasi kembali normal dan tidak ada pembatasan seperti sebelum adanya Covid-19. Namun, sampai saat ini kita semua masih dituntut untuk beradaptasi dan tidak banyak mengeluh.

Ada serangkaian aturan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan saat sekolah tatap muka. Keputusan dibuka atau tidaknya sekolah akan diserahkan pada Pemda atau Kantor Wilayah. Nah, pertimbangan tiap pemerintah daerah bisa berbeda-beda, dan bisa jadi pertimbangan Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan kesehatan harus dikompromikan. Muryanto mengatakan untuk perkuliahan tatap muka ini maka harus mengambil kebijakan secara matang dan hati-hati. Jangan sampai kuliah tatap muka menjadi klaster baru dan menjadi pemberitaan media sehingga menimbulkan dampak negatif.

Kebijakan baru ini dinilai sudah saatnya dilakukan guna memberi penguatan kompetensi bagi peserta didik. Selain itu UNS sudah dua kali mengirim surat kepada satgas penanganan Covid-19 Kota Solo. Surat berisi permohonan untuk mendapatkan ijin membuka perkuliahan tatap muka. Ini merupakan syarat yang ditetapkan dalam SKB sejumlah menteri tentang penanganan Covid-19. Terkait e-learning di perguruan tinggi, jika yang menjadi ukuran adalah “dapat dilakukan”, maka tidak bisa dipungkiri bahwa semua kampus dapat melakukannya.

Tatap muka bagi anak kuliah

Anggotanya, Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Direktur Manajemen Gedung, dan Kepala Biro Administrasi Umum serta akan melibatkan dosen kemahasiswaan dari setiap program studi. Terkait jumlah peserta didik, hingga 15 Juni 2020, terdapat 94% peserta didik yang berada di zona kuning, oranye, dan merah dalam 429 kabupaten/kota sehingga mereka harus tetap Belajar dari Rumah. Adapun peserta didik yang saat ini berada di zona hijau hanya berkisar 6%.

Tugas yang menyita waktu dapat membuat beban belajar mahasiswa menjadi jauh lebih tinggi dari beban kredit yang dambilnya. Selanjutnya lakukan pemetaan ulang capaian pembelajaran terhadap aktifitas pembelajaran, termasuk penentuan metode asesmen yang sesuai bagi setiap capaian pembelajaran. IndiHome menawarkan berbagai bonus dari berlangganan paket Learning From Home yang bisa dinikmati oleh pelanggan untuk pembelian sebelum tanggal 31 Desember 2020. Bonus menarik yang ditawarkan oleh IndiHome berupa free of charge 1 bulan akses IndiHome Study, yaitu aplikasi yang menyediakan materi pembelajaran. Apalagi paket web yang mahal tersebut seringkali dibatasi untuk besaran kuota tertentu saja yang tentunya tidak cukup untuk kebutuhan para siswa menjalankan video convention dengan gurunya. Seperti yang kita ketahui bahwa kuota yang dibutuhkan untuk video conference tentu saja sangat besar.

Posty