Kemendikbud Minta Pemda Atur Guru Ptm Di Sekolah

Walau pun sudah ada sekolah yang mengajukan untuk pembelajaran secara tatap muka, pihaknya belum bisa memutuskan untuk memberikan izin. Karena harus mengevaluasi kondisi dari sekolah itu sendiri, dalam hal kesiapan persyaratan protokol kesehatannya. Menyoal sekolah mana yang telah mendapati tenaga pendidik sudah vaksin, Dinkes Palembang telah menerima daftar nama sekolah yang bersiap tatap muka. Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru menanggapi jalannya vaksinasi Covid-19 yang ditujukan pada guru mulai Rabu (24/2) di Jakarta. P2G mengusulkan agar guru yang melaksanakan pembelajaran tatap muka diprioritaskan memperoleh vaksin.

“Program vaksin ini sangat luar biasa saya sangat mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 ini supaya di dunia pendidikan tidak berlarut-larut lagi melakukan proses pengajaran digital,” tutur Kenoki. Guru dan tenaga pendidik, jadi salah satu prioritas penerima vaksinasi agar nanti di awal semester kedua pendidikan secara tatap muka bisa dilakukan. PTK yang terdaftar cukup membawa identitas diri ke lokasi vaksinasi yang ditentukan pemda, jika tidak terdaftar perlu membawa surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan dan membawa ke lokasi vaksinasi,” ujar Yaswardi.

Selain diwajibkan memberikan pembelajaran tatap muka terbatas, sekolah juga tetap harus menyediakan pembelajaran jarak jauh . Setelah guru dan pendidik mendapatkan vaksin, pada Juli 2021 semua sekolah wajib melaksanakan belajar tatap muka. Lebih dari 3000 teanga pengajar ditargetkan mendapatkan vaksinasi dalam rangka persiapan kegiatan belajar tatap muka secara terbatas di wilayah Tangsel pada Juli mendatang. Jika tidak terdaftar, dapat menyertakan surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan dan membawa surat itu ke lokasi vaksinasi. Sebanyak 5 juta diharapkan bisa mendapatkan vaksinasi dalam rentang waktu empat bulan ke depan.

Agar tidak terjadi penumpukan guru di sebuah puskesmas, Dedi mempersilahkan pihak puskesmas melaksanakan vaksin di sekolah. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 kita melakukan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Dan kami para guru dijurusan DRBK seluruhnya sudah divaksin untuk vaksin pertama, dan akan divaksin lagi sekitar tanggal 26 mei 2021 untuk vaksin ke 2. Vaksin pertama bagi guru SMKN 5 di laksanakan di gedung UIB yang terletak di baloi.

Ia berharap, ke depan semakin banyak PTK yang divaksinasi agar Indonesia memiliki guru yang sehat dan pembelajaran dapat berlangsung seperti sedia kala. Hal senada dituturkan Sekretaris Forum Guru Independen Indonesia , DPC Jakarta Barat, Esther Layas Sinuraya. Ia setuju PTK menjadi salah satu sasaran yang diprioritaskan mendapat vaksin. “Kita harus punya “tameng” supaya tidak menularkan Covid-19 ke murid-murid,” imbuh Esther sesaat setelah menerima sertifikat vaksinasi Covid-19.

Mulai hari Rabu, 24 Februari 2021, para guru dan tenaga pendidik lainnya mendapatkan vaksin COVID-19, teman-teman. Ia mengatakan, tahap awal vaksinasi diperuntukkan bagi 650 guru dan dosen, pendidik nonformal dan casual, serta beberapa pegiat pendidikan. Nadia menjelaskan vaksinasi guru dilakukan bersamaan dengan vaksinasi untuk 21,5 juta lansia dan sixteen,9 juta pelayan publik. Ia mengatakan vaksinasi akan diprioritaskan untuk 7 provinsi di Jawa dan Bali yang laju penyebarannya paling tinggi. Untuk itu, Unifah meminta informasi mengenai knowledge dan prosedur pemberian vaksin untuk pendidik dan tenaga kependidikan bisa dimaksimalkan, karena guru sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan seluruh guru dan tenaga kependidikan di Kota Semarang sudah masuk dalam kelompok prioritas dalam tahap dua vaksinasi Covid-19.

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, guru dan tenaga pendidik akan divaksinasi Covid-19. Vaksinasi sudah mulai dilaksanakan untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka di sekolah. Sekretaris Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Sutanto menjelaskan, pemerintah sedang berusaha melakukan vaksinasi kepada semua guru dan tenaga pendidik. Sebelum pelaksanaan PTM pada Juli, diharapkan semua sudah menerima suntikan vaksin. Kata dia, pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga pendidik Kota Bogor untuk pertama kalinya dilakukan di pusat perbelanjaan. Mal dipilih sebagai lokasi vaksin untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta vaksin serta rasa aman dan nyaman dengan ketersediaan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Keempat, vaksinasi massal bergerak, di mana tim pemberi vaksin akan bergerak untuk memberikan vaksin pada kelompok tertentu. Pekerja publik sering berinteraksi dengan banyak orang serta memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga rentan terpapar Bola Online virus penyebab COVID-19. Pekerja publik yang dimaksud, antara lain pekerja media, pendidik, pejabat negara, pegawai di kementerian/lembaga, wakil rakyat, pegawai ASN yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan pekerja pariwisata.

Vaksin bagi guru

Setelah sampai di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bali, guru-guru serta pegawai dan perangkat SMA Negeri 1 Sukawati melaksanakan kegiatan screening terlebih dahulu. Fase screening pertama, meliputi pertanyaan dalam bentuk Kuesioner terkait riwayat kesehatan penerima vaksin. “Vaksinasinya bahwa memang jumlahnya sekarang meningkat terus, tapi tidak bisa berlari. Tapi kami pastikan, upayakan vaksinasi guru terus berjalan, di tengah perebutan vaksin di berbagai negara. Kita akan priority setting kembali, termasuk untuk memprioritaskan tenaga pendidik dan guru,” ujarnya.

Sekolah daring tetap bisa dikombinasikan dengan pertemuan tatap muka di sekolah. Jatim.GenPI.co – Wali Kota Surabaya Eri Cahayadi memastikan guru yang belum mendapat suntik vaksin kedua tidak diperkenankan untuk mengajar. Lebih lanjut dijelaskanya, kepada semua sekolah baik negeri maupun swasta untuk mengikuti aturan yang nantinya dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai tentang pembelajaran tata muka di masa Pandemi Covid-19. Akses puluhan ribu soal dan pembahasan free of charge untuk belajar di sekolah dan di rumah. Tersedia dalam berbagai format, dari kuis on-line, tautan kuis, file, maupun cetakan-cetakan.

Posty