Semangat Belajar Anak Menurun Selama Pandemi Covid

Banyak sekali yang perlu dipertimbangkan jika perkuliahan dilakukan kembali secara tatap muka, banyak kampus atau sekolah yang sudah mengeluarkan SK bahwa sampai tahun depan 2021 pembelajaran tetap dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring tentu saja memiliki banyak sekali permasalahan, tidak hanya sinyal dan gawai yang tidak tercukupi. Akan tetapi, banyak Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan hal lain di luar sana yang membuat pembelajaran secara daring ini bisa dibilang kurang efektif. Mungkin bagi masyarakat perkotaan hal seperti ini sudah sangat wajar dilakukan sebelum adanya pandemi seperti ini. Namun, tak demikian halnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dimana kondisi nya tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara daring.

Ada pun informasi dalam artikel ini dirangkum dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kemendikbud, Provinsi Lampung. Pemerintah Indonesia telah menghimbau warga untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Salah satunya Pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB yang merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan COVID-19. Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia juga telah membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online. Marhaban yaa Ramadhan, suasana ramadhan boleh berbeda dari sebelumnya namun semangat untuk berbuat baik di bulan penuh berkah ini tidak boleh hilang.

Ia mengakui, awalnya cukup merasa berat dalam melakukan aktivitas belajar di rumah ini. Namun, para guru saling membantu sehingga aktivitas belajar di rumah bisa diterapkan. Namun, tanggung jawab guru di sekolah tetap berjalan untuk memastikan peserta didik belajar dan mengikuti instruksi dari jarak jauh. “Kita gunakan beberapa media, mulai dari Whatsapp group, Google Classroom, dan Form, Youtube, Schoology, dan lain-lain,” kata Aji. “Dilatih bagaimana harus bisa deadline misalnya ini jam 17.00 WIB tugas harus masuk semua. Harus orang tua pegang handphone terus. Jadi tiap ada informasi langsung dikasih guru,” kata Eka. Apa saja yang sudah dilakukan Sadewa untuk mengantisipasi keadaan ini, banyak hal tentunya, mulai dari pelatihan atau workshop untuk para guru.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Penggunaan teknologi dalam menyelesaikan tugas pada siswa, juga dapat menimbulkan kreativitas dikalangan siswa dalam mengembangkan pengetahuan yang telah mereka miliki. Namun setelah menjalani kegiatan belajar di rumah dengan rentan waktu yang cukup lama, ia mulai merasakan rindu bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Selain instruksi yang jelas, pendidik perlu menyediakan dan membahas rubrik penilaian dan eksemplar yang jelas bagi peserta didik sebelum peserta didik melakukan tugas tersebut.

Ketiga, mempertimbangkan kemampuan untuk mengelola pencegahan Covid-19 dan kebijakan mengontrolnya dalam lingkup persekolahan. Selain itu, pemerintah setempat perlu mempertimbangkan kapasitas setiap sekolah untuk mengelola kemungkinan penularan, pencegahan, dan pengawasan. Benar-benar hari yang menguras pikiran dan waktu, terutama guru yang tidak mengabaikan tanggung jawabnya. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, guru adalah pendekar dan pahlawan pembangunan seluruh bangsa di dunia. Atas besarnya jasa seorang guru, tak ada salahnya mengungkapkan rasa terima kasih untuk guru-guru di seluruh Indonesia, tetap semangat mendidik anak bangsa.

Solusinya diganti dengan on-line, mulai dari kegiatan sekolah, kerja dan urusan birokrasi pemerintahan semuanya bergantung pada kegiatan on-line. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merespons protokol tersebut dengan menerbitkan tersebut diikuti dengan terbitnya Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020tentang pencegahan Covid-19 di satuan pendidikan pada 9 Maret 2020. Isi surat edaran tersebut hampir sama dengan protokol yang dikeluarkan oleh KSP sebelumnya. Berbagai imbauan yang disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam surat tersebut mencerminkan bahwa kegiatan pembelajaran masih dapat dilakukan di satuan pendidikan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Penutupan sekolah dapat memunculkan persoalan hilangnya pendidikan bagi anak. Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan pembelajaran bagi anak selama pandemi Covid-19 dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan.

Namun kendalanya tidak semua orang tua dapat mendampingi anak saat pembelajaran daring dengan beberapa alasan, misalnya orang tua bekerja. Hal inilah yang membuat pembelajaran daring belum diterima di masyarakat. Solusi atas permasalahan ini adalah pemerintah harus memberikan kebijakan dengan membuka gratis layanan aplikasi daring bekerjasama dengan provider web dan aplikasi untuk membantu proses pembelajaran daring ini.

Berpakaian yang rapi saat belajar di rumah dapat meningkatkan semangat belajar anak. Selain itu membuat anak merasa tidak seperti sedang belajar di rumah. Kamu dapat mengadopsi ide ini dengan menginstruksikan budaya piket ke anak, tetapi mengubah pekerjaannya menjadi piket di rumah.

Jangan sampai on-line terus karena Anak tidak terbiasa di sekolah. Tetap dikasih jatah having enjoyable buat selingan, bisa main-main yang menyenangkan mereka dan bantu menaikkan mood belajar. Walau tak mudah, bekerja dari rumah sesungguhnya bisa menjadi peluang untuk mendekatkan diri dan menghabiskan waktu dengan anak-anak melalui kegiatan yang seru. FWD Life mendorong para nasabah dan keluarga tetap menjalani keberkahan hidup, di tengah masa pandemi ini. Ada banyak kegiatan yang FWD Life lakukan untuk mendukung para nasabah dan keluarga mereka agar tetap asik dan produktif walaupun #dirumahaja. Selama ini, kita tidak tahu jajanan seperti apa yang biasa dikonsumsi oleh anak di sekolah.

Hal ini akan berpengaruh terhadap minat belajarnya dan akan menumbuhkan motivasi belajar secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar. Contoh upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang kedua adalah dengan menjadikan siswa sebagai peserta yang aktif.

Posty