Rindu Sekolah Lagi

Sudah hampir setahun Pemkab Enrekang meliburkan aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah karena wabah Covid-19. Sambil menyelesaikan tumpukan tugas itu, M Nasir menyebutkan, jika bisa memilih, dia akan lebih senang jika proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka. Namun belajar secara daring dampak pandemi COVID-19 itu harus dilaksanakan, agar pendidikan untuk anak tidak terputus walau ada wabah pandemi virus corona. Senada, Anggota Komisi IV DPRD Kota Mataram H Syahrial Azmi mengaku dirinya juga dilema dengan penundaan simulasi belajar tatap muka.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya juga telah membuat surat persetujuan dari orang tua dengan menggunakan materai. “Untuk kelas enam hanya ada dua siswa yang tidak menyetujui proses pembelajaran tatap muka,” ucapnya. Ikatan Dokter Anak Indonesia saat ini memang belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait sekolah tatap muka lagi. Akan tetapi, berdasarkan keterangan tertulis mereka akhir tahun lalu, IDAI tetap menyarankan orang tua untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh atau daring saja. Melansir dari detik.com, tiga pelajar SMA Leuwiliang, yang menjadi salah satu dari one hundred Daftar Togel Online seventy sekolah pilot project belajar tatap muka di Kabupaten Bogor terpapar COVID-19 saat mengikuti uji coba sekolah tatap muka. Uji coba di Kabupaten Bogor sendiri dimulai sejak eleven Maret 2021 dan dijadwalkan berakhir pada 10 April 2021.

Kebosanan dengan situasi kondisi seperti ini, menimbulkan gangguan kesehatan psychological juga akan banyak mempengaruhi keadaan psikis peserta didik. Sugesti yang dibangun dalam pikiran sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikis. Psikosomatik akan timbul ketika seseorang merasa stress serta cemas berlebihan bahkan dapat menimbulkan depresi. Mudah-mudahan semua itu tidak terjadi untuk seluruh anak Indonesia.

Beberapa siswa dan guru juga dilaporkan berangkat dan pulang sekolah mengenakan angkutan umum yang tidak menggunakan pengaturan bodily distancing. Tak salah jika mereka sudah rindu suasana belajar di sekolah secara langsung. Terutama untuk yang berada di daerah yang belum memiliki jaringan internet memadai.

Saya menangkap pesan kuat, Bu Susiyanti menyadari, bahwa proses pembelajaran tidak bisa serta merta dilakukan secara online. Karena ada beberapa materi terutama pembentukan karakter dan ability yang harus diajarkan secara tatap muka di kelas. Pembentukan karakter harus dengan praktek langsung, dan mencontoh perilaku guru misalnya sopan santun, beribadah tepat waktu, upacara bendera, penerapan disiplin sekolah, kejujuran, dan lainnya. Agus Prayitno selaku kepala sekolah SD Ajung three, kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa PTM di lembaganya di mulai dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah siswa yang masuk dibatasi hanya 25 persen atau 7 siswa per kelasnya dengan waktu belajar selama 2 jam.

Ia meyakini tentu pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 Kota Mataram memiliki argumentasi yang kuat terkait belum memberikan izin pembelajaran tatap muka. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri, menyampaikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas ini menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo dan Plt Gubernur Sulawesi Selatan. Dia berharap, sistem belajar tatap muka besok dapat dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Madiun – Aktivitas bersekolah yang dilakukan siswa dengan guru di dalam kelas atau pembelajaran tatap muka memang sesuatu hal yang tidak tergantikan, jika dibanding dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Sekaligus dapat menjadi penyemangat siswa untuk terus berjuang menggapai asa di jenjang pendidikan berikutnya. Menurut Fadly, dalam penerapan sekolah tatap muka, peran para orang tua sangat diharapkan.

Anak rindu sekolah tatap muka

Untuk melepas rindu tersebut, Komunitas Bogor Youth Forum berinisiatif mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di alam terbuka. Menurutnya, meski siswa dipersilahkan untuk memanfaatkan belajar dari rumah, namun hal itu tidak menghasilkan yang efektif. Yenni berpendapat, akan lebih baik belajar tatap muka dengan dibatasi dari pada belajar daring.

Posty