Pesan Sri Mulyani Agar Siswa Tetap Semangat Belajar Di Tengah Pandemi

Suasana yang nyaman juga mencakup tentang kerapihan dan kebersihan tempat belajar. Usahakan meja belajar dan lingkungan sekitar selalu bersih, buku-buku dan alat tulis tertata rapi. Apabila temper belajar telah rusak, maka si anak akan malas unuk melanjutkan belajar. Menyelesaikan masalah kesulitan belajar bisa dengan cara membentuk kelompok belajar. Guru dapat membentuk sebuah kelompok di dalam kelas untuk menyelesaikan suatu tugas. Selain itu, diusahakan setiap kelompok harus diisi dengan siswa yang tergolong cerdas dan siswa yang kurang mampu menyerap pelajaran dengan baik.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus maka transaksi-transaksi yang kita lakukan akan cenderung lebih banyak dilakukan secara on-line. Setiap hari, guru di sekolah biasanya memiliki jadwal piket yang telah disusun untuk siswa di kelas. Orang tua bisa mengadopsi ide ini dengan menjadikan piket di sekolah anak, menjadi bersih-bersih rumah bersama-sama.

Pada tulisan-tulisan saya sebelumnya, saya dikenal sebagai penulis yang memakai pendekatan informal, seperti contohnya memakai kata ganti “Gue, Gua, Lo” dalam menunjukan kata ganti orang. Namun khusus pada tulisan kali ini, saya memutuskan untuk memakai kata ganti “saya, kamu, Anda”. Karena kemungkinan besar target audience pembaca tulisan saya kali ini tidak hanya terbatas pada kalangan Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan pelajar dan mahasiswa, tapi juga untuk kalangan guru dan orangtua. Dalam kondisi seperti ini, penting bagi kita untuk saling menguatkan agar pemberitaan COVID-19 tidak membuat kita tertekan. Kita bisa memulai dengan menanyakan kabar keluarga, sahabat, atau orang tua . diprediksi dapat mencegah orang sakit untuk melakukan kontak dengan orang lain, dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19.

Psikolog Elizabeth Santoso mengatakan mannequin pembelajaran menggunakan platform digital menjadi kendala kalau tidak semua memiliki aplikasi Belajar Online atau daring seperti Google Hangout atau Zoom. Selain masalah tersebut, terdapat gap antara aturan sebelumnya menjauhi HP karena khawatir kecanduan sport dengan hari ini yang harus mengajarkan penggunaan media digital secara baik dan benar untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Jika memungkinkan, sediakan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Pengguna media digital dan teknologi yang berlebihan justru membuat produktivitas kerja anak semakin berkurang. Anak akan lebih menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial. Agar anak kembali bersemangat saat harus kembali ke sekolah untuk belajar, ibu juga bisa menceritakan mengenai teman-temannya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keinginan anak untuk kembali ke sekolah karena bisa memicu rasa rindu dan ingin segera bertemu dengan teman dekat di sekolah. Setiap orang hidup dengan perjuangannya masing-masing, jadi tidak perlu merasa paling susah sedunia. Selama pandemi ini, manfaatkanlah aplikasi kesehatan on-line, seperti ALODOKTER, untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Posty